Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan pemecahan siswa yang menggunakan media belajar interaktif wiimote smoothboard dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini berjenis pre-eksperimen atau pre-experiment Designs. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok ekperimen pretest-postest ( One Group Pretest-Postest ). Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan media pembelajaran interaktif dengan bantuan komputer, proyektor, perangkat wiimote smoothboard. Sebelum perlakuan diberikan, dilakukan tes awal (pretes) untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis awal siswa. Setelah mendapat perlakuan, dilakukan tes akhir (postes) untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan pengolahan dan analisis data hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran wiimote smoothboard terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini didukung pula dengan adanya tanggapan positif dari siswa melalui angket yang dapat dilihat dari beberapa indikator keberhasilan di antaranya dari respon, keaktifan, pemahaman dan ketertarikan siswa.
Home
education
jurnal
tutorial
wiimote smoothboard
JURNAL PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WIIMOTE SMOOTHBOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
JURNAL PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WIIMOTE SMOOTHBOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar