Membuat Postingan Makalah Pada Blog - Indeks Nilai

Membuat Postingan Makalah Pada Blog

Salah satu blog saya selain yang ini saya khususkan pada materi-materi yang sudah saya pelajari di sekolah dan kampus. Tujuan utamanya adalah agar apa-apa saja yang sudah saya dapatkan agar tersimpan dan suatu saat bisa saya buka kembali. Ternyata dilain sisi blog saya bisa bermanfaat juga buat orang lain yang sedang mencari materi yang sama. Dijaman serba online saat ini kita dituntut serba praktis, tinggal sedikit saja pelajar dan mahasiswa yang menggunakan buku tulis sebagai catatan materi yang diterangkan oleh guru dan dosen mereka. bisa dimengerti memang, catatan yang ditulis pada buku tulis tidak bisa selamanya utuh, suatu saat dan suatu waktu pastilah akan rusak, bila tidak dipakai buat bungkus cabe, atau dibakar bila disimpan rapi pun akan termakan oleh waktu, itu sudah menjadi sifat alaminya. Bukannya ingin mengenyampingkan fungsi dan manfaat tulisan tangan sendiri, tapi alangkah baiknya apa yang sudah menjadi catatan kita pada sebuah buku tulis kita tuangkan kembali pada penyimpanan elektronik kita, namun itupun tidak bisa menjamin catatan kita bisa tersimpan sempurna, karen perangkat elektronik seperti hardisk dan memory card atau yang sejenisnya pun bisa rusak. dan cara yang paling aman untuk menyimpan itu semua adalah dengan menyimpannya dengan cara online, dengan cara ini semua catatan kita akan terjamin aman dan tidak akan hilang dengan catatan kita tidak lupa akun dari penyimpanan yang kita gunakan.
Untuk alasan itulah saat ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat postingan sebuah makalah pada blog. Makalah adalah salah satu karya yang semua mahasiswa atau pelajar pasti pernah membuatnya, untuk menyimpan makalah secara utuh pada sebuah blog, tentu saja kita membutuhkan sebuah perangkat lain sebagai pihak ketiga yang kemudian bisa kita upload pada blog. Google sebagai media terbesar mempunyai banyak fitur yang sudah sangat lengkap, kita bisa menggunakan salah satu fitur dari google ini yaitu Google Drive. Untuk lebih jelasnya dalam hal membuat postingan maklah ini ikuti langkah demi langkahnya berikut ini :
Saya anggap makalah sudah dibuat,
Buatlah privasi pada makalah, desainlah makalahnya dengan menambahkan watermark seperti gambar di samping. hal ini berfungsi untuk menjaga agar pembaca tidak mencetak makalah secara mentah-mentah

setelah menambahkan watermak, convert file makalah sobat dalam bentuk pdf, selain sebagai privasi juga, file yang akan kita upload dalam bentuk pdf akan terlihat lebih indah dan menawan, banyak sekali software yang bisa kita gunakan untuk mengconvert file dari ms word ke pdf salah satunya dengan foxit reader, software ini bukan saja ringan dan gratis tentunya tapi juga bisa kita gunakan untuk mengedit file pdf yang tidak bisa dilakukan oleh software sejenisnya yang gratisan. bila sobat belum punya softwarenya sekalian aja saya mau jualan tapi jualan saya juga ga harus bayar alias gratisan jadi langsung saja sobat download softwarenya disini ( Foxit Reader 7.2.8.1124 )  tapi jangan lupa balik lagi kesini ya kita lanjutkan lagi tutorialnya.
setelah pdf dibuat, kemudian buka link google drive sobat, jangan lupa login atau sobat bisa langsung buka webnya disini
upload file pdf tadi, dengan klik tombol new pada menu bar yang terletak sebelah kiri halaman




Setelah upload file complete, langsung saja klik pada filenya, akan terbuka file tersebut dalam bentuk pdf utuh namun secara online,




klik tombol popup yang berada diatas kanan halaman, sobat akan dibawa menuju halaman berikutnya dari google drive,




Pada halaman kedua ini, klik simbol more action, kemudian klik lagi embed item, sobat akan diberikan kode html yang bisa sobat pasang pada postingan blog.



ini dia embed codenya, copy saja kemudiian pastekan pada postingan blog sobat. Letakkan code tersebut pada halaman html, atur lebar dan tinggi frame dengan cara mengganti nilainya pada code tersebut.




Silahkan preview postingan yang sudah kita buat tadi, jika belum sesuai sobat bisa menyesuaikannya kembali, dan jika langkah-langkahnya sesuai dengan tutorial di atas, maka hasilnya bisa sobat lihat pada hasil postingan saya berikut ini

note :
jika dalam keadaan sign out dari google, sobat tidak bisa melihat postingan google drive, lakukan setting privasi pada tombol share yang terletak sebelah kiri simbol more action yang tadi digunakan untuk embed code, kemudian klik advanced, klik tulisan change pada On-public on the web, terakhir save. sekarang dalam keadaan sign out pun sobat bisa melihat postingan makalahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar